Sakit Perut (Dewasa)

Fakta dan Definisi Nyeri Perut pada Orang Dewasa

    Nyeri perut adalah rasa nyeri di perut seseorang, perut bagian atas atau bawah, dan dapat berkisar pada intensitas dari sakit perut ringan hingga nyeri akut yang parah.
    Penyebab gejala nyeri perut bervariasi dan mungkin termasuk penyakit kandung empedu, bisul perut, keracunan makanan, diverticulitis, radang usus buntu, kanker, ginekologi (misalnya, fibroid, kista, penyakit menular seksual - STD), dan masalah vaskular.
    Beberapa wanita mengalami sakit perut selama kehamilan.
    Nyeri perut bisa akut atau kronis dan termasuk nyeri tajam serta nyeri tumpul.
    Lokasi nyeri perut mungkin berada di sisi kanan atau kiri atas (kuadran), sisi kanan atau kiri bawah, dan atas, tengah, dan bawah.
    Penyebab nyeri perut didiagnosis dengan kombinasi sejarah (pertanyaan yang diajukan dokter tentang masalah Anda), pemeriksaan fisik (pemeriksaan oleh dokter), dan tes (misalnya, sinar-X dan tes darah).
    Perawatan untuk nyeri perut tergantung pada penyebabnya dan mungkin termasuk apa pun dari pengamatan, obat-obatan, dan prosedur yang mencakup endoskopi, dan pembedahan.
    Prognosis untuk nyeri perut tergantung pada penyebab dan ketepatan perawatan medis dan diagnosis.

Jenis dan Lokasi Sakit Perut

Jenis dan lokasi nyeri dapat membantu dokter menemukan penyebabnya. Intensitas dan durasi nyeri juga harus dipertimbangkan ketika membuat diagnosis. Beberapa karakteristik umum nyeri perut adalah:

    Apa rasa sakitnya terasa seperti: Nyeri perut bisa tajam, kusam, menusuk, seperti kram, seperti pisau, memutar, atau menusuk. Banyak jenis rasa sakit lainnya juga mungkin.
    Berapa lama rasa sakit berlangsung: Nyeri perut bisa singkat, berlangsung selama beberapa menit, atau mungkin bertahan selama beberapa jam dan lebih lama. Kadang-kadang sakit perut datang dengan kuat untuk sementara waktu dan kemudian mengurangi intensitas untuk sementara waktu. Apakah rasa sakitnya terus menerus atau apakah itu datang dan pergi?
    Kejadian yang memicu rasa sakit: Rasa sakit dapat memburuk atau hilang oleh peristiwa-peristiwa tertentu, seperti lebih buruk setelah makan, lebih baik dengan buang air besar, lebih baik setelah muntah, atau lebih buruk ketika berbaring. Apakah makanan tertentu memicu rasa sakit?
    Lokasi rasa sakit - Lokasi sering akan membantu dokter Anda mendiagnosis penyebab rasa sakit.
        Nyeri perut kiri atas: Limpa membesar
        Nyeri perut bagian atas kanan: Penyakit kandung empedu, hepatitis
        Nyeri perut kiri bawah: Diverticulitis, kista ovarium, torsi ovarium
        Nyeri perut kanan bawah: Apendisitis, masalah indung telur kanan
        Nyeri perut bagian atas: Tukak lambung, gastritis, pankreatitis
        Nyeri perut bagian bawah: Infeksi saluran kemih, masalah ginekologi seperti fibroid uterus dan kanker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar